Sabtu, 14 Januari 2012

Pengertian Sistem Operasi Komputer


Apa sih yang di sebut sistem operasi komputer itu ?  Sistem operasi komputer itu kaya apa ? Sistem operasi komputer adalah suatu perangkat lunak atau software yang tugasnya itu untuk mengontrol dan melalukan kinerja perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, ya termasuk juga menjalankan software aplikasi kaya program-program pengolah data yang bisa di pake untuk memudahkan pekerjaan kita. Sistem operasi dalam bahasa inggrisnya disebut Operating System, biasa juga di singkat OS.
Sistem operasi komputer itu merupakan software pada lapisan pertama yang di simpen di memory komputer, (memori komputernya itu hardisk, bukan ram) pada waktu komputer dinyalain. Ya sedangkan software-software yang lain di jalankannya itu setelah sistem operasi berjalan, terus sistem operasi juga mau melakukan layanan inti umum untuk software-softwarenya itu. Layanan inti nya itu ya kaya akses ke disk, manajemen memori, scheduling disk, dan antar-muka user. Jadi masing-masing softwarenya ga perlu lagi ngelakuiin tugas-tugas inti umum tersebut, ya karena udah di layani sama sistem operasi. Bagian kode yang ngelakuin tugas-tugas inti sama umum itu dinamain kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi juga fungsinya sebagai penghubung antara lapisan hardware sama lapisan software. Selain itu juga, Sistem operasi komputer ngelakuiin semua perintah penting di komputer dan menjamin aplikasi-aplikasinya yang beda fungsinya bisa berjalan lancar barengan tanpa adanya hambatan.

Contoh sistem operasi komputer itu kaya Windows, Linux,MacOS, dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar